MEDIA TANAM HIDROPONIK

kali ini saya akan meposting tentang bermacam-macam media tanam hidroponik
sebelum mengetahui lebih lanjut kita harus mengetahui apa hidroponik itu,Hidroponik (Inggris: hydroponic) berasal dari kata Yunani yaitu hydro yang berarti air dan ponos yang artinya daya. Hidroponik juga dikenal sebagai soilless culture atau budidaya tanaman tanpa tanah, yang dimana tanah sebagai kebutuhan nutrisinya tanaman diganti dengan beberapa jenis media tanam baru hasil pengamatan masyarakat sekitar dan dunia internasional,
contoh media tanam baru yang asing dan yang tidak asing kita dengar
1. Arang sekam
arang sekam 2
arang sekam 1 penggunaan arang sekam sudah banyak di indonesia karena bahan baku ampas padi yang mudah di dapatkan arang sekam mampu memberikan hasil terbaik untuk memperoduksi sayur mayur dan pembibitan bermacam pohon.

2. Spons
mungkin semua sudah tau tentang spoon yang dimana sering di gunakan untuk mencuci piring dan membersihkan kaca jendela kamar dsb,tapi pernahkah diperhatikan apabila spoon dibiarkan di alam terbuka kena hujan dan panas makan akan tumbuh lumut hijau dan terkadang hitam dan terkadang ada rumput yang tumbuh juga tapi belum banyak yang menggunkan cara ini.sponspons 1

3. Expanded clay
adalah sejenis tanah liat yang sudah berisikan mineral penting bagi pertumbuhan tanaman muda sangat cocok buat penyemaian.
href=”https://ichsantirtonotolife.files.wordpress.com/2013/02/expanded-clay-12.jpg”>expanded clay
4. Rock wool
Rockwool, atau sering juga disebut dengan mineral wool, adalah bahan non-organik yang dibuat dengan cara meniupkan udara atau uap ke dalam batuan yang dilelehkan. Hasilnya adalah sejenis fiber yang memiliki rongga-rongga dengan diameter umumnya antara 6β€”10 mikromoter.
Rockwool memiliki kemampuan menahan air dan udara dalam jumlah yang baik untuk mendukung perkembangan akar tanaman.rockwool
5. Coir
coir ataupun sabut kelapa yang dibaik digunakan untuk menyemai biji tumbuhan coir contoh pada biji bambu di atas
6. Perlite
Perlite adalah kaca vulkanik amorf yang memiliki kandungan air yang relatif tinggi, biasanya dibentuk oleh hidrasi obsidian,yang dimana cocok untuk penetasan telur hewan dan mepercepat pertumbuhan tanaman dari biji nyaperlites
perlite_1_www
7. Pumice
berasal dari batuan basalt yang terdapat dipantai akibat dari letusan gunung merapi beratus tahun sebelumnyapumice q

peneliti batuan pumice
peneliti batuan pumice

8. Vermiculite
Sekelompok mineral memiliki, struktur dari mika. Mereka adalah silikat hydrous, berasal umumnya dari perubahan semacam mika. Disebut demikian karena timbangan, ketika dipanaskan, membuka keluar ke bentuk nguler sdverm

vermi
9. Pasir
pasir bisa juga untuk pembenihan tanaman pantai dan pegunungan contoh di pantai seperti buah kelapa dan biji kacang sand bean

sand
10. Kerikil
dapat digunakan untuk penanaman di dalam rumah kita jika ingin menambah kesan keindahan interior rumah, yang dapat di tanam dengan media kerikil hanya tanaman yang tahan ter hadap air atau kebutuhan airnya tinggi
litops
11. Serbuk kayu
biasa yang digunakan untuk tanaman yang memerlukan kelembababan yang tinggi misalnya jamur .

Source. Google picture

Source. wikipedia.comasasde
serbuk-kayu-sanding

195 comments

  1. maaf mas saya mau tanya,kalau rock wool ditoko pertanian ada nggak ??kalau nggak ada kira kira bisa dapat dimana ya?? trim”s.

  2. Mas, sy pemula nich mo tny, pada penanaman hdrponik sistem air pasif, tanda apa yg menyatakan klo air sdh kurang ? Trus ditambahnya pake air biasa ato hrs dgn air bernutrisi ? Nah konsentrasi larutannya sama dgn yg semula ato hrs lebih encer, mengingat penyebab kekerangan airnya adalah faktor penguapan. Suwunn.

  3. selamat malam pak. saya ingin bertanya, bagaimana saya bisa mendapatkan Rockwool, atau sering juga disebut dengan mineral wool, mohon info nya. trm kasih

  4. salam kenal < saya salah satu pengguna hydroponik, saat sekarang ini saya kesulitan untuk mendapatkan media berupa Rockwool, atau sering juga disebut dengan mineral wool, Apakah bapak bisa menbantu u/. mendapatkan media tersebut, mohon info nya terima kasih.

    • terima kasih sudah mampir, maksudnya bentukan gimana ya?

      untuk nft bisa menggunakan pipa paralon yang 3” dengan jarak lobang utuk tanaman sayur 15cm – 20cm untuk tanaman buah bisa 30 cm, jarak antara pipa bisa disesuaikan dengan keinginan, dan kemiringan pipa untuk menalirkan nutrisi sekitar 2 derjat

  5. Salam kenal, saya tertarik dengan hidroponik untuk pemula seperti saya kelengkapan apa aja yang harus disiapkan? mohon infonya……tq

  6. Saya sangat tertarik dengan hidro ponik.tp bingung bagaimana caranya.bahannya apa,nutrisinya apa.mohon penjelasannya.trimakasih bpk..

  7. halo. mau tanya nih. saya coba semai bibit selada pake rockwool, tapi hasilnya tanamannya jadi miring miring, ga tegak gitu. bakal jadi masalah ga untuk kedepannya (pada tahap pembesaran tanaman ketika sudah dipindah ke pipa)? kalau bermasalah, ada solusinya/advice nya ga? terimakasih

  8. salam kenal mas,ap kulit kerang bisa juga digunakan untk media tanam?trus tds meter untuk mengukur nutrisinya y?tq

  9. Termksh atas infonya.sya sbgai pemula ingin bertanya setelah pembibitan tnamannya ingin di pindah kan ke paralon dg metode nft yg saya tanyakan bagaimana caranya agar tanaman it bisa tegak lurus dan media tnam apa yg d gnakan dan akarnya harus menyentuh air semua.
    Mohon penjelasannya terimakasih.

  10. Maaf min, mau nanya, kebetulan sya pemula dlam bidang tanaman hidroponik , pupuk cair utk pengganti larutan ab mix apa ya, kebetulan daerah saya mendapatkannya. Trmksih

  11. Saya jg pemula mau bertanya..saya pake rockwol untk semai n pakai botol air. Apa kain flanelnya harus dimasukan di dalam rokwol atau dibawah rocwolnya…mksh sebelumy

    • bisa aja tapi untuk penahan batang anda menggunakan apa?
      sebenarnya media tanamnya itu untuk membuat jarak kepada batang pohon atau tanaman agar lebih kokoh dan tidak tenggelam di media airnya sehingga penyerapan hanya di lakukan oleh akar

  12. sya sebagai pemula jg mau tanya mas.. sya pakai styrofoam utk rakit apung, trs kalo gak ada rockwool bisa pakai busa foam/spons gak mas? makasih

  13. Numpang tanya, Pak, karena masih pemula. Saya baru punya TDS dan pH meter sekarang dan mau memulai menanam.

    Waktu beli AB mix ternyata dapatnya yang bubuk (tidak terpikir ada yg bubuk :P) karena selama ini bacanya cairan terus. Nah, sekarang mau buat cairan nutrisinya jadi bingung.

    Asumsi saya, TDS dan pH itu diukur saat cairan sudah dicampur. Tetapi saya iseng mengukur TDS dan pH air di rumah sebelum dibuat cairan nutrisi. Karena ada 1 bagian yang ada rembesan air tanah, saya ambil air tersebut dan diukur (saya pakai air tanah rembesan karena pernah baca kalau air PAM tidak cocok untuk membuat cairan nutrisi, hrs didiamkan dulu sekitar 7 hari). Ternyata TDS-nya 320 dan pH-nya sekitar 7,2. Ambil contoh untuk menanam pak choi, hasil browsing infonya butuh pH 7 dan 1050 – 1400. Kalau saya gunakan air di rumah seperti yang saya tuliskan sebelumnya, apakah boleh langsung saya campurkan saja bubuk AB Mix sesuai takaran atau air tersebut harus dimurnikan dulu? Kalau dimurnikan dulu malah jadi susah ya. Memang bisa saja beli air murni, seperti yg dipakai untuk aki, tapi apakah tidak jadi mengalahkan usaha berhemat dan kontra produktif?

    Maaf, kebanyakan mikir (semoga ga jadi mundur usahanya),
    kalau tidak dimurnikan, bukankah nanti cairan nutrisinya jadi kurang dan pH-nya jadi tidak benar? Sebaliknya, kalau langsung dicampur, apakah artinya utk TDS saya atur sampai level 1370 (1050 + 320) dan untuk pH saya tambah larutan ph up/down?

    Terima kasih untuk penjelasannya dan semoga tulisan saya tidak membingungkan

    • Terima kasih pak yudi saya coba menjawab, memang air tanah di setiap daerah itu beda beda tergantung dengan kondisi dan lapisan tanahnya jika memang seperti itu saya rasa ppm segitu untuk air tanah terlalu tinggi. Pengalaman saya jika air tanah kita ppmnya terlalu tinggi saya beralih ke air ac (pendingin ruangan) karena air hasil subliman itu ppmnya hanya sekitar 12 ppm daripada terbuang percuma jadi saya tampung, jika tidak punya ac mungkin bisa minta ke tetangga atau di kantor buat di tampung kenapa saya pakai air ac 1. Murah 2. Ppmnya juga rendah 3. Airnya juga sejuk jadi lebih memudahkan buat nutrisi diserap tanaman 4. Kelemahannya pada ph karena saya belum punya alat ukur untuk ph jadi tidak tau berapa rangenya. Untuk saat ini saya menanam tomat, melon dan cabe masih bagus dan tanaman sehat ini saya kasih solusi untuk air tanah yg ppmnya tinggi berdasarkan pengalaman saya. Mudah-mudahan membantu πŸ™‚

  14. gan numpang Tanya, kenapa pada masa pembibitan selalu tumbuh tinggi kurus dan akhirnya mati, kata senior2 kurang panas, tp kalau dijemur malah daunnya kering dan mati. Mohon petunjuknya. dan apa betul sehari hanya perlu 4 jam sinar matahari setelah itu apa harus ditaruh ditempat yg tidak terkena sinar matahari sama sekali ?

    • terima kasih sudah mampir maaf baru balas karna sibuk di dunia nyata

      iya yang pertam itu karena etiolasi atau kekurangan simat
      dan yang kedua karena panas matahari yang teralalu tinggi juga bias membuatnya mati

      dari semai jika sudah tumbuh sedikit maka dibiasakan kena matahari pagi saja sekitar 2 jam-an maka simpan lagike tempat teduh dan jika tanaman sudah kelihatan besar dan kuat boleh dipindah di dekat matahari langsung

    • diusahakan menyucinya hingga bersih dan debunya terangkat
      untuk meminimalisir cocopeat jatuh ke nutrisi coba cocopeatnya di tambah denga media lain ataupun lubangnya jangan terlalu lebar dan juga jangan terlalu kecil

  15. pak boss mau nanya…
    kenalkan saya Elung dr Purwokerto…
    saya lagi mau coba hidroponik… kebetulan punya banyak cocopet.
    pertanyaan saya…
    kalo cocopet dipake sebagai media hidroponik, bukannya nanti mbrojol lewat lubang2 pot dan mengotori air nutrisi ?
    trimakasih…

    • cocopeatnya sudah di cacah atau belum?
      jika belum maka akan brojol terus

      sebelum digunakan coba cocopeatnya di cuci dulu hingga zat tannin nya hilang dan setelah itu di cacah halus hingga menyerupai Tanah tapi jangan terlalu halus

  16. Permisi mas.. sy mw tx untuk hidroponik rakit apung dengan media tanam kapas..
    Tanaman sy hidup tp ko’ ada hitam” di kapasx ya..
    Kira” itu jamur apa ya ?? Dan gmn cara mencegahnya !!

  17. assalamualaikum.maz saya di cikarang saya pngn belajar langsung.sampean tempatnya di mana.saya pngn lihat langsung.dari awal karena mau bikin dlm sekala besar.trimakasih πŸ™‚

  18. mas, saya mau tanya dan sharing..
    saya sekarang sedang menanam hidroponik dengan media semai rockwool.. kemudian saya pindah tanam dengan menggunakan metan arang sekam+zeolit, cocopeat+zeolit, vermiculite+zeolit secara hidroponik wick system.
    setelah saya pindah tanam, sekitar30% bibit pakchoy nya mati.
    saya mau tanya, apakah kesalahan dari faktor semai sehingga setelah pindah tanam akar pakchoy tidak mampu menyerap nutrisi?? atau ada faktor lain ya mas? terimakasih

    • Wick sistem media tempat atau wadahnya dari apa ya? Zeolit untuk jadi penahan wadah apakah sudah benar2 bersih, sebenarnya dengan parlite atau vermiculite saja sudah bisa tanpa zeolit. Kemungkinan lain bisa dari kadar ppm dan phnya yg terlalu tinggi, kemungkinan kedua ada pada suhu wadah atau suhu larutan yg tinggi, kemudian kurangnya sirkulasi udara ke nutrisi, dan zeolit bisa jadi faktor lain yg tidak cocok dengan tanaman.

  19. Salam kenal pak… Saya pak iwan dri palembang mau tanya bisa gak net pot kita ganti dengan bekas cangkir minimun mineral spt bekas cangkir aqua…..dan kita lobangi kecil2 bawanya trims……kalau pake pipa bisa gak hidroponik nya sistem air gak mengalir atau menggunakaN sistem wick… Mhn infonya Gan trims

    • Salam kenal kembali pak. Net pit bisa diganti apa saja asal tidak gampang ditumbuhi lumut dengan pengecatan, pipa pvc dengan sistem wick bisa saja asal udara dapata berganti atau dibuat sirkulasi udaranya agar penyerapan optimal.

  20. Met kenal dengan H Saeful dari ANYER, untuk media tanam rock wool, apakah sama rock wool hydroponik dengan rock wool penutup pipa panas saluran steam pabrik, soalnya bekas pabrik kimia banyak rock wool dibuang, tapi gatel kalau kena kulit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s