Merawat Bunga Mawar (1)/Pupuk

 

ASSALLAMUALAIKUM WR.WB.

Malam, Pagi, Siang, dan Sore  Semua

          yeah…. i’m back untuk membawa ilmu-ilmu dan pengalaman baru dalam bercocok tanam hihi… yah meskipun saya bukan anak pertanian atau sebagainya tapi saya tidak malu untuk membagi ilmu saya walaupun tidak banyak. Mawar <– pasti semua orang tau tentang bunga mawar ya….(pasti tau lah kalo ga tau tinggal mampir aja di pos tentang mawar :-P), ga perlu panjang lebar langsung aja check it out (weleh sok bahasa inggris).

sebelum di eksekusi cara yang akan saya berikan mohon di cek dulu di kebun atau taman anda ada tanaman mawar hehe.. biar lebih asyik prakteknya 😀

pertengahan bulan kemarin saya menanam pohon mawar yang saya beli dan langsung di tanam di taman depan rumah saya, saya tanam 3 pohon dengan jenis yang sama (holland) 2 pohon berwarna salem dan 1 pohon berwarna merah darah.

akan saya jabarkan dari cara pemindahan ke tanah dan pemupukan sistemiknya:

yang pertama sekali saya lakukan adalah memindahkan tanaman yang berada di dalam polybag ke tanah

tipsnya: untuk pemindahan tanaman dilakukan dengan hati-hati dan sesuai jam tanam contohnya saya memindahkannya pada jam awal pagi jam 6-7 dan sore hari sekitar jam 4-5 sore. kenapa???

pertanyaan bagus, karena pada waktu tersebut belum bekerjanya sistem fotosintesis atau dengan kata lain belum mulai giat-giatnya daun menyerap sinar matahari dan telah selesainya fotosintesis pada sore hari. kenapa tidak siang hari?? karena pada saat tersebut si daun lagi sibuk-sibuknya membakar makanan, kan kasian kalo lagi makan dia kita ganggu ya kan hehe oleh sebab itu pasti tanaman akan stres dan mati. tidak orang aja yang bisa stress ya tanaman juga  😀

20150610_085445<– ini foto waktu sebelum di pindahkan jika dilihat batang mawarnya tua sehat dan besar karena memang saya pilih yang begini. kenapa tua sehat dan besar?? ada dulu yang mengatakan bahwa untuk tanaman berkayu paling mudah bertunas itu pada batang tuanya hehe (sok tau) dan juga lebih tahan jika dipindah dan menghasilkan banyak tunas bunga baru.

20150612_22255920150612_22260720150612_222615<– tadaaa ini yang sudah saya pindah terlihat lebih kokoh lagi karena rencananya memang akan saya buat pagar hidup yang di hiasi bunga-bunga indah cieelah wkwk (bukan candaan belaka). mohon diingat bahwa setelah pemindahan tanah harus diguyur air ya.

tips dari saya jika ingin akar merambat cepat di seprotkan vitamin B-1 dan setelah seminggu semprot pupuk yang satu ini :

20150612_164218 bukan buat promosi ya tapi juga cukup ampuh untuk merangsang kuntum bunga baru, jika anda tidak suka dengan baunya bisa di pakai pupuk perangsang tunas dan bunga yang lain, usahakan kontak langsung ke tanaman jika ingin cepat ngelihat indahnya bunga mawar hihihi.

notice : untuk waktu pemupukan harap di perhatikan bahwa tanaman tidak bisa langsung makan di waktu bersamaan langsung kenyang ya, tanaman akan benar-benar menyerap makanannya itu ange waktu 2 mingguan karena dia ngga akan nyerap pupuk tersebut sekaligus oleh karena itu yang namanya gardener harus sabar pangkat 100 hehe (lebay), memang merawat tanaman itu passion saya dan juga untuk melatih kesabaran.

pemupukan juga saya lakukan pada pagi hari atau sore hari pada jam yang sama 🙂

20150612_163633<— coba perhatikan foto di samping kalo tidak kuat lambaikan tangan (wkwk),  pemangkasan juga saya lakukan pada kuntum bunga yang busuk atau tidak ada kuntum, kenap?? karena meurut saya tunas tersebut akan menghabiskan banyak nutrisi pada tanaman wkwk(bercanda).
1. saya akan memangkas tunas tersebut karena saya ingin menumbuhkan tunas baru yyang lebih produktif untuk menghasilkan bunga.

2. jika ingin kelihatan pohon mawarnya banyak daun biar kelihatan subur tidak masalah jika dibiarkan sampai besar.

20150612_164121  <– untuk pemotongan batang yang sudah tidak produktif akan tunas bunga harap diperhatikan jika ada tunas yang kecil baru tumbuh, diusahakan memotong satu ruas batang diatasnya ya. agar tuas tersebut lebih leluasa untuk tumbuh dan berbunga walaupun ada tunas yang tumbuh di atas cuttingan dibiarkan saja mana tau ada kuntum bunganya. sekali lagi itu hanya pengamatan saya saja :).

20150612_163812   20150612_163725 20150612_163600<– apa yang ada di benak anda jika melihat kumpulan foto disamping ada banyak? pasti senang (yeeay dalam hati) pasti merasa bahagia cara yang saya lakukan berhasil memanggil aura-aura kuntum bunga yang akan banyak menghiasi taman saya wkwk.

tips: perawatan kuntum harus juga dilakukan seperti yang saya lakukan setiap pagi dan sore di semprot pakai air dikit-dikit  biar makin kuat melawan siang dan juga diperhatikan ada hama yang menempel atau tidak segera di bersihkan saja, jika ulat maka dipindahkan saja ketempat lain jangan dibunuh ya :D.

akhirnya post kali ini saya sudahi (hiks-hiks) sedih rasanya berpisah di post ini. jika ingin melanjutkan perbincangan hangat setajam silet silahkan komen saja seputar mawar dan penanganannya diluar topik sih bisa saja asal jangan melanggar uu ite ya hehe sekian dari saya  wassallamualaikum wr. wb. pagi, siang, sore, dan malam semua 🙂

dibawah ini foto-foto mawar yang masih kuncup hingga mekar berlebihan hehe….

20150612_164047  20150610_08542620150612_163649 20150610_085345