Memulai kembali pada musim tanam ke-4


Assallamualaikum.

Selamat malam semua.

Saya kembali ke kehidupan blog tentang kebun atau tanaman. Pada musim tanam kali ini tanamannya sudah mulai banyak “yeey” dan bervariasi, kenapa begitu karena kerja berat sudah mulai berkurang dan adanya penambahan luas tempat yang signifikan pindah lagi.

Lokasi yang terbaru memungkinkan saya memobilitas semua perlengkapan lebih mudah dan cepat, karena dipinggir jalan banget.

Rencananya bakal saya setting jadi studio garden, padahal newbie tapi sok-sokan. Hahaha ilmu yang saya dapat selama berkebun akan saya tumpahkan semua *emang ember* ke kebun ini, yah walaupun ga banyak. Setidaknya orang-orang khusus yang datang bakal lebih termotivasi juga andil dalam mengembangkan pertanian bersama.

Untuk memulai musim tanam ke 4 saya memberanikan diri untuk menanam 8 varian tomat, 7 varian cabe, 12 varian bunga zinnia, 10 varian bunga krokot, 39 varian bunga morning glory, 7 varian bunga dahlia dinnerplate, 9 varian bunga rainlily, 6 varian bunga amaryllis, 6 varian bunga matahari, 23 varian bunga vinca, dan 8 varian herbs.

Hmmm menghela nafas panjang sebenarnya. Ini tanaman semuanya beda perlakuan dan cara tanam, ayo semakin semangat!!!.

Masih ada lagi beberapa tanaman yg menunggu seperti lotus, mawar, petunia, calla lily, aster, cosmos, oriental lily, tulip, hyacinth, bluebell, peony, oxalis, dsb. Arrrgghhhh mau meledak kepala rasanya.

😂😂🤣😅🤣.

Kenapa saya buat jadi studio garden? Ya karena saya ingin menunjukkan kepada orang-orang di indonesia bahwa kita bisa lebih kreatif dari orang di negara maju, ya walaupun contek contek sedikit hahaha. Jadi pekarangan rumah kita bisa dimaanfaatkan lebih baik lagi ( jika masih punya banyak lahan kosong) kalau ga punya bisa di olah lagi tempatnya.

Ini semaian tomat dan pakchoy merah

Ini bunga zinnia yang sudah masuk bed

Ini ada beberapa jenis cosmos shulpureus yang saya potong, ternyata mereka wangi loh!.

Ini tanaman lavender yang baru sehat, karena sebelumnya stress berat. Seperti yang nanam selalu belanja bunga karena kalap upps…

Ada beberapa foto bunga zinnia mini thumbelina.

Sejak 2012 saya mulai bereksperimen sendiri dan menghabiskan banyak waktu, uang dan tenaga. Dan inilah studio yang bakal saya dedikasikan atas keilmuan yang otodidak dan terus belajar.

Ketika kita mulai dengan menyukai satu bidang ilmu maka sampai kapanpun ilmu itu akan melekat dan akan bertambah seirimg berjalannya waktu.

Tapi tidak serta merta dengan instan dapatnya, terus menggali dan mendalaminya sampai benar-benar terpenuhi kita rasa. Maka timbal baliknya adalah berbagi 😊😁, disitulah puncak keberhasilan yang saya rasa.

Wasallam

Dari lelaki gardener.

Tunggu threat berikutnya tentang san’s studio garden ya!!.

7 comments

    • Wah iya lumayan buat kuatir, oh iya mba saya coba komentar di postingan mba yg terbaru malah sering gagal ya?.

      Mungkin perangkat saya tapi dicoba berkali2 tetap log out otomatis.

      Selamat datang di indonesia dan bersenang-senang menghabiskan waktu dengan keluarga. 😁😁

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s