Kaki Kecil /Alur Fikir


by : Ichsan Tirtonoto

permulaan awal 1998, langkah kecil ini sangat berat dan timpang pengembaraannya.

banyak kecurangan yang terjadi sekalipun mimpi yang terbaik, sehingga menolehku dalam lingkungan yang berandai.

andai saja aku bisa lebih berhasil maka keluargaku tidak terpuruk, andai saja aku lebih cekatan dalam bekerja dan berusaha maka hidupku tak akan hancur begini. perandaian yang membuat semua orang menafsirkan bahwa dunia ini akan runtuh karena ketidakpastian hidup.

tapi itu semua belum aku fikirkan hanya dapat aku cerna dalam bayangan, kenapa semua itu terjadi padahal semua akan menghasilkan sebab akibat.

dahulu ayahku pernah menyampaikan hal yang seharusnya belum aku dapatkan dalam pendidikan formal sekalipun. dia berkata sambil mengerenyitkan dahinya “nyaman ” akan membunuhmu perlahan, noda itu tidak akan menguap dengan sendirinya seolah kau dapat berlari diatas air.

gagasan ide dan peluang merupakan satu hal yang berterkaitan dengan kesuksesan, terkadang peluang tersebut hilang karena kita selalu saja malas memperbaiki diri.

ketika datangnya pengalih yang membuat langkah ini semakin keras dan berat, malah aku berusaha untuk melarikan diri kearah sebaliknya. ketakutan itu semakin membuatku kehilangan arah, seribu manisan yang aku dambakan berasa pahit gula dibibirku.

memang ini salahku yang selalu merekam semua keinginan orang terhadapku tanpa aku memikirkan hal itu baik atau tidak kedepannya. semakin aku berusaha seperti yang mereka inginkan semakin aku berlari menjauh seperti kuda tanpa tuan.

arah tujuanku yang sebenarnya sudah hilang sejak lama, aku hanya mengikuti dan mengikuti perkataan orang lain. ketika mereka sudah tak dapat lagi memberikan kosa kata terbaru maka aku berhenti selama mereka diam.

aku berfikir apakah generasiku hanya sebagai robot dan senjata saja? yang jiwanya direnggut kedalam tabung besar mayoritas lalu dimusnahkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s