Himawari Diantara Pelangi (Bagian 1)/ Cerita


hari pada akhir bulan oktober, memulai hari dengan sangat gembira meskipun hujan hanya sebagai tanda-tanda ilalang mulai tumbuh.

akar-akar seakan menyapa bahwa musim yang baru akan muncul dengan kebiasaan-kebiasaannya. lalu bereaksilah otakku dalam deburan air, petrichor dalam senyawa geosmin, kenangan lalu, dan teh hangat.

benar saja batang penyanggah membawa rantai makanan terasa mulai layu dan mengeras merasakan takdirnya berubah.

akan tetapi pelangi yang kutunggu akan tiba, membuatku semakin bersemangat menyapa matahari dipenghujung bulan kemarau yang adikara.

bayangkan mengapa aku harus bertahan? sedangkan rumput menguasai dengan amerta. aku membayangkan bulir air tersebut jatuh dalam pelukan akar-akarku, akan kuangkat semua angkara murka mereka dengan buaian mineral tanah yang segar.

kelopak indahku sudah tak dapat bertahan dalam menggapai serdadu lebah dengan riang proboscis serangga menggeliat dalam kantung nektar yang disediakan.

hari demi hari aku selalu menunggu pelangi kembali, dengan kelopak terakhir ini aku berharap jaringan floem dan xilemku masih dapat bekerja dalam menumbuhkan semangat-semangat kehidupan baru.

siang itu aku merasa mentari tak menyinari sebagaimana mestinya, aku melihat banyak awan gelap seolah akan melahap semua yang berada didekatnya.

heeeii sahabatku!!!, sautku

ada apa gerangan?, awan berkata

sudikah kau memberikanku sedikit peluang dalam menjaga kehidupan berikutnya?

akan aku pertimbangkan, katanya

baiklah berikan kabar buruk atau baikmu, ucapku

tidaklama kemudian awanpun pergi dengan sejuta kebimbangan di matanya, tetap saja mentari tak akan memberiku kesempatan dalam mendapatkan pelangi-pelangi itu.

hufft… menyalurkan kekesalan hanya akan membuatku semakin tersiksa, rantai ini harus menyatu dalam kebaikan agar tak menghancurkan sistem yang ada.

namun apakah aku sanggup?? sedangkan arus akar seolah tak menjawab panggilan terakhirku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s