Tanaman Bunga Dahlia Part 2 (Kedatangan Jenis Dinner Plate yang diidamkan)


assallamualaikum wr. wb.

selamat malam semua

sesuai judul saya akan membagikan pengalaman saya selama mulai menanam tanaman dahlia. pada postingan pertama tentang dahlia ada disini dapat dilihat pada bagian akhir yang menyebutkan beberapa jenis dahlia, nah kebetulan ada seorang teman di FB yang akan melaksanakan preorder tuber jenis dahlia dinner plate.

saat diposting pertama kali dengan yang bersangkutan, saya langsung tertarik jadi langsung saya lihat jenis-jenis yang akan di beli. ternyata ada puluhan semuanya saya suka wkwk, saya memilih jenis yang saya rasa tidak ada dan tidak banyak ditemukan di indonesia dan kemudian pesan sekalian transfer uang.

karena status preorder jadi teman saya mengatakan bahwa datangnya akan lama menunggu beberapa pelanggan lainnya yang ingin pesan dahlia dari dia juga. ya.. saya tidak keberatan akan hal tersebut, soalnya harus mempersiapkan alat dan lokasi yang akan di jadikan tempatnya tumbuh dan juga lebih banyak belajar bagaimana penanganannya kelak ketika sampai dan tumbuh.

mungkin sedikit flashback pada tahun 2013 dimana saya mengidamkan semua jenis dahlia namun selalu susah jika ingin mendapatkannya dari luar daerah dan luar negeri. pernah saya nekat memesan langsung dari LN yang pada akhirnya tidak bisa keluar dari karantina pertanian dan berakhir pada pemusnahan karena tidak mempunyai sertifikat phytosanitary :’).

saya tidak pernah mau menyalahkan pihak manapun dalam tidak sampainya barang ketangan saya karena memang pada saat itu saya yang nekat beli, dan saya juga berikir jika barang tersebut sampai ketangan saya dimana mau saya tanam lagi?? hahaha saya merasa bahwa ini adalah jalan takdir.

pada bulan maret 2018 kemarin datanglah paket tuber dahlia tersebut, dan saya sangat senang. untuk jenisnya saya akan list dibawah nama-namanya, jika ingin melihat jenisnya tinggal cari di mbah gugel ya hahaha 😀

  1. thomas edison
  2. hapet blue eyes
  3. barbarossa
  4. mrs. ellen
  5. ottos’s thrill
  6. white perfection

20180405_145110 ini saat tubernya baru tiba dan langsung saya periksa apakah ada rusak dsb. ternyata ada satu tuber tua yang busuk, mungkin karena terlalu lama di perjalanan ya…? tapi bukan masalah besar tinggal potong pisahkan dan tanam ditempat yang berbeda.

20180405_161806 sebelum saya tanam maka umbi-umbi tersebut saya rendam dengan air yang sudah saya berikan vit- b1 biar makin mantap saat tumbuh nanti.

20180405_161912 tidak lupa ini perkembangan dahlia yang sudah besar pada postingan pertama saya beberapa waktu lalu. 20180405_172132 jangan lupa untuk di pangkas tunasnya ketika sudah mencapai ruas kedua setelah daun lembaga, agar tunas muda muncul dan memperbanyak cabang bunga baru.

20180405_172147 sisa potongan ini sebenarnya bisa ditanam kembali.

20180422_115621 setelah dipotong pucuknya maka akan jadi seperti ini, saya akan melakukannya setidaknya 3 kali hingga benar-benar rimbun.20180422_115616 oh iya jika kalian melihat ada bekas botol plastik dibelakang tanaman dahlia, itu adalah proteksi untuk umbi dahlia dinner plate yang saya tanam. karena tunas mudanya sangat rentan terhadap serangan belalang dan ulat.

20180422_115541 kesalahan saya yang pertama adalah meletakan id dan hal tersebut membuat saya bingung akan jenis yang saya tanam hadehh.

20180422_115533 yang kedua adalah lupa memproteksi akan air hujan yang berlebihan masuk kedalam greenhouse dan itu terjadi sehingga membuat mata tunas awalnya ada beberapa yang busuk karena kelebihan air.20180422_115521 yang ini juga termasuk yang terkena hujan berlebihan, namun tidak apa-apa selama tubernya tetap sehat dan tidak ikut busuk.

20180422_115513 umur tunas tanaman dahlia dinner plate saya sekitar 2 minggu setelah tanam, dan itu cukup cepat dan juga mengalahkan tuber dahlia decorative yang saya tanam duluan. tapi apakah pertumbuhannya semasif yang pertama saya tanam?? kita lihat pada postingan dahlia part ke 3 saja ya hahaha….

sekarang jam sudah menunjukan pukul 12 malam. mata sudah tidak berkompromi maka akan saya akhiri postingan tentang tanaman dahlia part 2 ini.

selamat malam

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s