Pengganti Media Tanam Hidroponik


assallamuallaikum

dan selamat malam semua

ada beberapa teman yang bertanya sama saya tentang pengalaman bertanam dengan cara hidroponik, akan tetapi lebih banyak yang bertanya mengapa media tanam hidroponik yang dijual harganya middle – high? apakah ada cara lain?

disini saya akan menjawabnya.

  1. media tanam hidroponik yang dijual diindonesia memang menyentuh harga middle – high *rockwool, clay ball, parlite, vermiculite dkk karena kebanyakan mereka sang distributor masih mengimport barang tersebut dari luar negeri (pengamatan saya), jikalau ada yang membuat nya didalam negeri ya paling berbeda tipis saja harganya. oleh karena itu modal awal yang dikeluarkan untuk melakukan pertanian jenis ini termasuk besar, maka dari itu sebenarnya kita bisa kok mengakalinya (tipikal indonesia banget) dengan cara-cara yang lain namun tetap worth it/ ga kalah dengan yang semestinya.
  2. saya bukan orang yang berada dalam artian mampu membeli segala kebutuhan untuk jenis pertanian ini, oleh karena itu saya memutar otak dan belajar dari manapun (daerah sekitar, web luar, youtube, dan artikel-artikel). tapi yang paling penting ya trial dan error karena di indonesia sendiri pertumbuhan tanaman bisa berbeda-beda penanganannya.
  3. mulailah bereskperimen yang penting aturan mainnya seperti pengaturan nutrisi, sirkulasi udara di air, kadar ph dan proses tanaman tumbuh harus konsisten kita perhatikan.

 

ok ada beberapa eksperimen yang saya lakukan selama kurang lebih 4 tahun dengan berbagai macam media tanam hidroponik yang saya gunakan. tapi perlu diingat semua media tanam itu punya kelebihan dan kekurangannya tak luput juga dengan media tanam yang semestinya.

  1. pengganti rockwool saya menggunakan dakron jenis terendah yang biasanya untuk bantal tidur berbentuk seperti kapas namun sintetis, biaya yang dikeluarkan juga lebih murah dibanding kapas bantal. kelemahannya (cepat berlumut karena berwarna putih) *note jangan menjadikan media tanam dari glasswool dkk (karena berbahaya bukan untuk penggunaan sembarangan)
  2. pengganti parlite atau clay ball(hidroton) lainnya, saya menggunakan pasir bahan bangunan yang dicuci terlebih dahulu ataupun kerikilnya sebagai media tanam berebagai sayuran dan tanaman bunga dengan sistem kolam namun bukan rakit apung. kelemahannya (media seperti ini akan cepat panas karena memiliki warna turunan abu-abu.
  3. kalau media seperti sekam bakar, sabut kelapa sepertinya masih mudah didapatkan di indonesia jika kalian susah mendapatkannya diganti saja dengan sampah daun bambu kering yang dihancurkan atau dengan daun cemara yang jatuh.

untuk reminder saja yaa.. saya memberikan pengalaman ini bukan berarti kita dapat seenaknya menggunakan apapun media tanpa fikir panjang. penelitian yang dilukakan oleh mereka yang menciptakan jenis-jenis media tanam hidroponik sebelumnya sudah melakukan esperimen yang panjang juga biaya yang tidak sedikit, karena sudah terbukti bahwa kelebihannya lebih banyak dibanding kekurangannya.

jadi jika kita bisa membuat suatu percobaan yang hasilnya mendekati atau bahkan bisa lebih baik kenapa tidak?…

tetap terus lakukan percobaan kecil-kecil saja, dimana jika hal tersebut berhasil maka bukan tidak mungkin hal tersebut jadi besar 😀

saya juga dulu mengganti netpot dengan botol minuman mineral yang uk 300 ml atau lebih kecil yang dipotong dengan mengambil ujung lubang tutupnya hingga lehernya saja. untuk menghemat budget dan buah pemikiran ini didapatkan oleh kedua teman saya haha..

 

oke sampai disini dulu jika kalian memiliki perkembangan lain tag saya dan bagilah pengalaman mu dengan yang lain..

jangan berhenti mencoba

terima kasih

san’s garden

 

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s