Tanaman Bunga Dahlia part 1


assallamualaikum wr. wb.

sore semua…

hari ini saya akan berkotor-kotoran dengan tanah lagi bersama tuber dahlia saya..
dahlia adalah tanaman yang paling saya impikan dari dahulu setelah mawar, ya walaupun keduanya susah untuk dirawat hehe… tapi dari situlah tantangannya berawal.

saya sangat senang menanam jenis tanaman yang susah untuk saya tumbuhkan, seperti tulip, mawar, dahlia, anemone, peony, dan lainnya

untuk tanaman dahlia itu sendiri saya baru benar-benar menanamnya pertama kali pada hari ini karena berasal dari tuber, bukan tanaman jadi.

20180305_161406 lokasi bakal tempat tumbuh si dahlia sudah disiapkan namun belum benar dibersihkan dan ditambah volume ketinggian tanahnya. 20180305_161414 ada tanaman thai basil sebelumnya namun saya tetap mempertahankan tanaman tersebut agar dapat terawat lagi. sebelumnya tempat ini di duduki oleh tanaman marigold yang sudah tidak tentu arah lagi tumbuhnya, jadi marygoldnya dipindahkan ke area luar greenhouse.

20180305_161803 penampakan thai basilnya setelah di prunning, jadi saya hanya membersihkan bagian yang sudah menghitam dan menyisahkan bagian yang baru tumbuh.

20180305_161421 strawberinya juga saya buang beberapa anakan yang tumbuh di wilayah bakal dahlia, pada musim panas awal musim penghujan banyak sekali rambatan tunas strawberinya sehingga pertumbuhannya paling masif akan tetapi beberapa bulan lalu sudah banyak yang saya musnahkan dan bagikan ke teman-teman. nah pada penghujung musim hujan begini mereka banyak mengeluarkan bunga.   20180305_161434 20180305_161501 ini adalah tanaman tuber dahlia saya sebelum dipindah tempatkan ke tempat yang lebih luas, dan ada satu pot yang sudah banyak tumbuh tunasnya :’D.

20180305_161517 saya harus mengaduk media tanamnya agar tercampur merata karena ada penambahan bahan agar banyak nutrisinya, tidak terlalu basah dan porous. medianya campuran dari sekam, humus, pasir, dan kompos dari bank kompos saya.

20180305_163545 taraa… maka hasilnya akan seperti ini, operasi persiapannya sudah matang tinggal mencabut kembali tanaman yang berada di polybag untuk dipindahkan.

20180305_164355 saya memilih lagi tuber yang masih bagus karena ada beberapa tuber yang busuk karena kebanyakan air :(. oh iya sampai lupa tuber dahlia rentan busuk, berjamur, dan mati ketika di media tanamnya terlalu banyak air. oleh sebab itu saya memindahkan tuber-tuber ini ke tempat yang baru karena sebelumnya selalu terkena hujan.

oh iya tuber dahlia ini disiram pada awal tanam saja selama media tanamnya masih basah, jangan setiap hari disiram hingga tunasnya sudah tumbuh. ketika ingin disiram di cek saja media tanamnya apakah sudah kering atau masih basah.

20180305_164403 inilah tuber hasil seleksi kembali… udah seperti tes masuk pns saja hahaha..

20180305_170102 kemudian langsung tanam deh, ingat peraturan menanam tuber dahlia perhatikan arah mata tunasnya tumbuh dan mata akarnya tumbuh. pengalaman saya menanamnya terbalik sampai satu tahun kok ga tumbuh-tumbuh eh ternyata menanamnya terbalik :’D hahaha. mata tunas selalu menghadap atas ya.20180305_170119 sore ini udaranya termasuk dingin, karena habis hujan termometer di kebun saya menunjukkan angka 23 derajat C dan kelembaban 32% brrr..
belum lagi sepanjang jalan menuju kebun saya pohon dan lampu jalan pada tumbang hiiii.
usut punya usut ternyata sudah 2 hari terakhir ini angin sangat kencang disini disertai hujan deras.

untungnya kebun saya aman dan tak ada kerusakan sedikitpun, maka dari itu saya selalu bersyukur dengan keadaannya bagaimanapun. hingga saat ini saya masih diberi kekuatan untuk tetap berjuang dalam bercocok tanam, berbagi dan menambah wawasan lebih luas lagi.

sekian dulu cerita hari ini ketika tanaman dahlia saya sudah tumbuh maka akan hadir part 2 nya hehehe

oh iya sampai lupa ini jika ingin mengetahui jenis-jenis dahlia dan dapat di cek di mbah gugel

  1. anemone flowered (seperti bunga anemone)
  2. ball and pom pon (bentuknya membulat seperti bola)
  3. border (pembatas jalan setapak)
  4. cactus and semi cactus
  5. decorative (ini yang seperti saya tanam)
  6. dinnerplate (bismillah semoga menyusul)
  7. mignon (seperti bunga daisy)
  8. waterlily

terima kasih

san’s garden

4 comments

  1. Hai Ichsan saya jadi ga sabar pengen cepat bsia berkebun deh 😀 . Masih nunggu sebulanan lagi abru bisa nanam2 umbi dahlia, gladiol, begonia dll bunga musim panas. Bener banget tuh dahlia ga bisa kena air berlebih. Dahliaku banyak hancur tiap thnnya krn saat musim gugur hampir tiap hari hujan, dan saya sering terlambat utk membongkar dan menyimpan tubernya digudang. Waterlily dahlia saya baru dengar deh 😉 . Salam hijau yaa :mrgreen: .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s