Greenhouse (2) Interior/ tanaman


assallamuallaikum wr. wb.

selamat malam semuanya

kali ini saya akan membahas interior dan tanaman apa saja yang berada digreenhouse saya, karena greenhouse saya berukuran 50m2 masih dapat menampung cukup banyak tanaman. untuk saat ini saya masih memanfaatkan lahan dasarnya greenhouse kedepannya jika memungkinkan maka akan saya pergunakan juga bagian gantungannya, akan tetapi masih dalam desain yang akan datang juga tanaman apa yang akan saya pilih dalam penempatan tersebut belum ditentukan.

sudah sejak November tahun 2016 lalu pengerjaan greenhouse ini

berlalu atau sekitar setahun yang lalu sudah masuk musim tanam ke-3 untuk morning glory (ipomea family) dan musim perbanyakan amaryllis anakan yang pertama. fokus greenhouse saya memang lebih banyak ke morning glory karena untuk sekarang sudah ada 70an jenis (jika berhasil hidup) yang tidak bisa ditanam semua sekaligus karena optimasi tanaman lain.

pada sistem pengairan saya membangun model sendiri dengan bantuan teman saya, yaitu dengan model spray kasar menyeluruh jadi seperti hujan berukuran sedang yang dapat mencakup semua tanaman pada rak yang dibuat 3 tingkat (khusus morning glory). biaya material pembuatannya cukup murah hanya dengan membeli pipa pvc berukuran 1/2 inchi (bisa disesuaikan dengan keinginan), kemudian membeli perangkat spray plastik kecil yang biasa digunakan dalam pertanian hidroponik (biasanya untuk tanaman kentang), lalu buat lubang yang sesuai dengan spray pada pipa pvc kemudian lem pakai lem pipa. sambung semua pipa yang akan kita bentuk sesuai dengan arah dan posisi tanaman jangan sampai ada yang terlewatkan untuk disiram.

saya hanya menggunakan 1 pompa air yang cukup kuat untuk menarik air sejauh 30 m dan menyemburkan air sejauh 15 m.

 

instalasi pipa dapat dilihat pada rangka baja yang berada diatas polybag tanaman morning glory, juga yang berada dibawahnya untuk penyiraman ke arah bed tanaman lain.

selain pada rak bertingkat saya membuat bed atau kolom-kolom untuk beberapa tanaman khusus pengembangan. kenapa saya menggunakan bed dikarenakan akan memudahkan saya dalam melihat dan merawat tanaman sekaligus tanpa kuatir ada celah hama akan bersembunyi pada celah-celah pot ataupun polybag. kemudian lebih menghemat saya dalam penggunaan/perawatan tempat penampung media tanaman, juga akan terlihat rapi dan tertata. sebelumnya saya menanam jenis tanaman lain dengan pot juga polybag dan alhasil kualitas campuran media tanamnya tidak sama (berbeda komposisi) dan itu sangat merepotkan ketika akan memberi pupuk yang sesuai kandungannya.


pada foto disamping saya menanam aster duchess mix, benih saya beli dari merk mr.fothergill’s seed uk. dari ratusan seed yang bertahan sampai sekarang hanya beberapa saja karena saya terlambat dalam memindahkannya ke bed, karena pada saat itu saya belum membangun bednya jadi dimakan duluan sama ulat yang lucu-lucu hahaha.

cara perawatannya akan saya jabarkan pada pos khusus bunga aster.

kemudian ada beberapa jenis basil namun hanya foto lemon basil yang saya pajang disini, namun masih ada jenis lain disebelahnya :-D. nanti akan saya buatkan pos tersendiri tentang basil juga perawatannya.

oh iya saya sangat senang dengan aroma daun lemon basil ini rasa-rasanya ingin saya makan langsung haha. aroma lemonnya sangat sweet/manis sehingga terasa seperti bukan aroma lemon tapi seperti aroma jeruk manis medan wkwk.

selanjutnya ada strawberry yang buahnya tidak pernah berhenti, jadi saya buatkan khusus pada bagian bed paling ujung dan paling luas agar lebih banyak menghasilkan buah.

kenapa strawberry dapat tempat paling luas?, karena strawberry ini saya suka haha juga akan menjadi suguhan kepada tamu yang berkunjung ke kebun jadi saya bagikan gratis selama ada buahnya. untuk sekarang sudah ada sekitar 20 tanaman baru untuk strawberrynya sehingga bisa mengkover jika ada banyak tamu yang hadir dikemudian hari :-).

cara merawatnya juga akan saya buatkan pos khusus strawberry nanti di blog saya.

ada gladiol juga namun pada musim tanam pertama semua tanaman gladiolus saya terkena hama spider mite jadi mau tidak mau saya harus panen umbinya dan mengeringkan daunnya, karena infeksi dari hama sudah sangat banyak jadi saya lakukan pembasmian dari tanamannya langsung agar tidak menyebar pada tanaman yang lain. saya akan pos juga pada bagian terpisah untuk tanaman ini.

 

tanaman portucula atau jenis-jenis krokot yang cantik-cantik juga saya tanam di greenhouse, agar pada bed khusus bunga ini dapat menarik banyak lebah dan kawan-kawannya yang baik. serangga penghisap nectar sangat suka dengan bunga-bunga yang berkontras cerah berwarna merah.

ya kelihatan seperti lemas dan tidak ada gairah tumbuhnya hehe (maklum baru pindah tempat baru). ini adalah bunga lavatera yang berwarna pink cerah dan masih sangat kecil karena sebelumnya banyak yang mati karena terlambat memindahkannya ke bed 😦 (my bad). juga akan dibuatkan pos sendiri 🙂

 

 

 

  nah yang satu ini adalah tanaman crape myrtle /pohon bungur pink keluarga lagestroemia. sangat susah mendapatkannya yang sudah berbentuk pohon kecil seperti ini. lihatlah kelopak bungannya sangat indah dan Wangi ketika berguguran sudah seperti bunga sakura 🙂

 

 

 

 


untuk yang terakhir ini saya rasa sudah banyak yang mengenalnya. ya dialah rain lily salah satu tanaman berumbi yang berhasil masuk daftar hidup di greenhouse saya, kemungkinan saya akan banyak mencari jenis-jenis lainnya untuk dibudidayakan seperti yang lainnya.

sebenarnya masih ada banyak yang lainnya namun akan lebih baik saya jabarkan pada pos-posnya tersendiri sehingga saya semakin rajin dalam share pengalaman saya berkebun di wordpress.

semua yang saya bagikan di wordpress adalah murni pengalaman saya sendiri dan system-system yang juga saya buat sendiri berdasarkan trial dan error, jika ada hasil yang berbeda itu saya maklumi dan marilah kita berbagi lebih banyak agar error yang akan terjadi pada masa yang akan datang semakin kecil. semua isi pos ini semata saya dedikasikan untuk pengetahuan umum dan pembelajaran bagi saya dan yang membutuhkan dimasa yang akan datang.

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s